Tautan-tautan Akses

PBB Kutuk Pembunuhan 6 Pekerja Bantuan di Afghanistan


Pasukan keamanan Afghanistan melakukan penjagaan di provinsi Herat (foto: dok). Enam pekerja bantuan sipil tewas dibunuh di sana.

Pasukan keamanan Afghanistan melakukan penjagaan di provinsi Herat (foto: dok). Enam pekerja bantuan sipil tewas dibunuh di sana.

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNMA) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan para korban pembunuhan itu ikut serta dalam program pembangunan di sana.

PBB mengutuk pembunuhan enam pekerja bantuan sipil oleh militan di Afghanistan barat, dan mengatakan para korban tidak terlibat perang dan kematian mereka bisa dianggap sebagai kejahatan perang.

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNMA) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan para korban ikut serta dalam program pembangunan guna memperbaiki kesempatan ekonomi di kawasan pedesaan di mana mereka diculik hari Minggu. Mayat mereka ditemukan hari Selasa di propinsi Herat.

Taliban Afghanistan mengaku bertanggung jawab.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menanggapi pembunuhan itu ketika melawat ke Pakistan, di mana ia menghimbau Pakistan agar membantu menggelar perundingan damai dengan Taliban.

Pernyataan kepresidenan mengatakan “pembunuhan pekerja sipil menunjukkan bahwa Taliban dan tuan mereka di luar negeri ingin Afghanistan selamanya menjadi negara miskin dan tertinggal.”
XS
SM
MD
LG