Tautan-tautan Akses

PBB: Keadaan Muslim Rohingya di Burma Membaik


Puluhan ribu warga etnis Rohingya di Burma barat harus mengungsi akibat kekerasan sektarian di sana (foto: dok).

Puluhan ribu warga etnis Rohingya di Burma barat harus mengungsi akibat kekerasan sektarian di sana (foto: dok).

Kantor Koordinasi Kemanusiaan PBB mengatakan laporan bentrokan di negara bagian Rakhine, Burma barat sudah banyak berkurang dalam 3 minggu terakhir.

PBB mengatakan situasi keamanan sedang membaik di negara bagian Rakhine, Burma barat, di mana kekerasan antara penganut Budha dan Muslim etnis monoritas Rohingya telah menewaskan puluhan orang dan mengakibatkan puluhan ribu orang terpaksa mengungsi.

Kantor Koordinasi Kemanusiaan PBB mengatakan laporan bentrokan sudah banyak berkurang dalam 3 minggu ini. Namun, PBB juga memperingatkan bahwa ketegangan antar golongan agama tetap sangat tinggi dan sengketa di sana-sini masih terus terjadi di beberapa daerah.

Pihak berwenang Burma mengatakan 87 orang telah tewas sejak bulan Mei, ketika kerusuhan dan serangan balasan pecah setelah 3 pria muslim dituduh melakukan pemerkosaan dan pembunuhan seorang perempuan beragama Budha.

Kerusuhan itu telah menonjolkan keadaan Rohongya, yang diingkari kewarganegaraan di Burma dan tidak diakui sebagai kelompok ethnik. Banyak orang Burma menganggap ke-800 ribu orang Rohingya di negara itu pendatang gelap dari Bangladesh.
XS
SM
MD
LG