Tautan-tautan Akses

PBB: Kapal Kargo Korea Utara di Panama Langgar Sanksi


Tentara Panama melakukan penjagaan atas kargo berisi senjata yang disita dari kapal Korea Utara di Terusan Panama (foto: dok).

Tentara Panama melakukan penjagaan atas kargo berisi senjata yang disita dari kapal Korea Utara di Terusan Panama (foto: dok).

Panama mengatakan para pakar PBB telah menentukan senjata Kuba yang disita dari sebuah kapal kargo Korea Utara di Terusan Panama adalah pelanggaran sanksi PBB.

Pemerintah Panama mendasarkan kesimpulannya hari Rabu pada laporan awal para pakar PBB yang baru-baru ini menyelesaikan pemeriksaan kargo yang disita bulan lalu itu.

Panama tidak menunjukkan laporan tersebut, tetapi mengatakan pihaknya telah menyimpukan ”tanpa ada keraguan” bahwa kapal Korea Utara itu melanggar larangan PBB atas pengiriman senjata ke Korea Utara.

Kuba mengatakan pihaknya mengirim senjata tersebut, yang disebutnya “sudah usang,” ke Pyongyang untuk direparasi dan dikembalikan ke Havana. Senjata itu mencakup dua pesawat tempur jet MiG 21 Soviet, 15 mesin MiG 21, dan 9 misil anti-pesawat terbang.

Pihak berwenang Panama menghentikan kapal tersebut tidak jauh di luar terusan karena dicurigai membawa narkoba. Ketika diperiksa, mereka menemukan senjata yang tidak dilaporkan disembunyikan di bawah ribuan karung gula.

Ke-35 pelaut Korea Utara di dalam kapal dikenakan tuduhan berusaha mengangkut senjata secara diam-diam melalui Terusan Panama. Mereka masih ditahan di sebuah bekas pangkalan militer Amerika di Panama.
XS
SM
MD
LG