Tautan-tautan Akses

Laporan PBB: Israel, Palestina Mungkin Lakukan Kejahatan Perang


Sekjen PBB Ban Ki-moon (kiri) saat mengunjungi sekolah PBB di Jalur Gaza yang terkena serangan Israel dalam pertempuran tahun lalu (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon (kiri) saat mengunjungi sekolah PBB di Jalur Gaza yang terkena serangan Israel dalam pertempuran tahun lalu (foto: dok).

Lebih dari 2.200 orang Palestina tewas dalam pertempuran di Gaza, sementara di pihak Israel, 73 orang dilaporkan tewas dalam konflik tahun 2014.

Sebuah laporan PBB mengenai perang tahun 2014 di Gaza mendapati bahwa Israel dan Palestina mungkin telah melakukan kejahatan perang.

Hasil penyelidikan yang ditunggu banyak kalangan ini dilansir hari Senin. Komisi PBB itu menyatakan mengumpulkan “banyak informasi yang menunjukkan tentang pelanggaran serius hukum kemanusiaan internasional dan hukum hak asasi internasional” oleh kedua pihak.

Israel melancarkan ofensifnya pada 8 Juli lalu untuk menanggapi penembakan roket dari Hamas dan kelompok-kelompok militan lainnya. Lebih dari 2.200 orang Palestina, termasuk ratusan warga sipil, tewas dalam pertempuran, jelas PBB dan para pejabat Palestina. Sementara itu di pihak Israel, 73 orang dilaporkan tewas.

Israel, yang hubungannya dengan PBB telah lama diwarnai perselisihan, telah lebih dulu mengecam laporan itu yang disebutnya bias.

Laporan serupa mengenai perang di Gaza pada tahun 2008-2009 mengecam keras Israel dan Hamas.

XS
SM
MD
LG