Tautan-tautan Akses

PBB Ingin ‘Akses Penuh’ Bagi Pakar Senjata di Suriah


Sekjen PBB Ban Ki-moon serukan akses penuh bagi pakar senjata PBB di Suriah (Foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon serukan akses penuh bagi pakar senjata PBB di Suriah (Foto: dok).

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyerukan agar para pakar PBB diberi “akses penuh” ke lokasi-lokasi yang diperkirakan pernah menjadi target penyerangan senjata kimia di Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan kepada wartawan hari Senin (19/8) bahwa PBB menghendaki akses penuh ke lokasi yang diperkirakan menjadi target serangan senjaa kimia di Suriah. Akses tersebut harus mencakup wawancara dan pemeriksaan saksi-saksi, korban, tenaga medis dan pemeriksaan mayat korban.

Tim PBB tiba di Damaskus akhir pekan lalu dan akan menyelidiki tiga lokasi di mana serangan senjata kimia diperkirakan terjadi.

Ban mengatakan situasi keamanan yang serius di Suriah `pasti akan mempengaruhi kegiatan misi' tim PBB ini dan ia menekankan agar pemerintah Suriah dan pihak-pihak lainnya menjamin keselamatan mereka.

Mandat untuk penyelidikan itu terbatas. Tim akan melaporkan apakah senjata kimia pernah digunakan di Suriah. Apabila benar, di mana lokasi penggunaan senata kima tersebut. Namun tim PBB tidak akan menentukan siapa yang melakukan serangan tersebut. Hal ini menyebabkan sebagian pihak mempertanyakan manfaat penyelidikan.
XS
SM
MD
LG