Tautan-tautan Akses

PBB Himbau Pihak-pihak di Yaman Kekang Diri Setelah Bentrokan


Duta Besar Amerika bagi PBB, Susan Rice.

Duta Besar Amerika bagi PBB, Susan Rice.

Susan Rice mengatakan banyak delegasi menyerukan pengakhiran kekerasan dan transisi kekuasaan yang dapat dipercaya dan cepat.

Dewan Keamanan PBB telah bertemu untuk pertama kalinya untuk membicarakan krisis yang meningkat di Yaman, beberapa jam setelah pasukan keamanan di negara Arab di Teluk Persia melepaskan tembakan ke arah para demonstran anti-pemerintah, menewaskan tiga orang dan melukai beberapa orang di dua kota besar.

Badan yang paling berkuasa di PBB gagal untuk sepakat, Selasa, mengenai pernyataan yang diusulkan Lebanon dan Jerman yang meminta berbagai pihak di Yaman agar mengekang diri dan mengadakan dialog. Dokumen tersebut juga menyatakan dukungan bagi usaha-usaha mediasi yang dilakukan oleh Dewan Kerjasama Teluk.

Para pejabat PBB mengatakan Rusia dan Tiongkok mencegah Dewan Keamanan mendukung secara terbuka rancangan pernyataan tersebut.

Setelah pembicaraan tersebut, Duta Besar Amerika di PBB Susan Rice mengatakan banyak delegasi menyerukan pengakhiran kekerasan dan transisi kekuasaan yang dapat dipercaya dan cepat. Oposisi Yaman mengatakan yang akan menghentikan pergolakan hanya jika Presiden Ali Abdullah Saleh melepaskan kekuasaan dengan segera.

Sebelumnya pada hari Selasa, para penengah Dewan Kerjasama Teluk bertemu dengan delegasi pemerintah Yaman di Uni Emirat Arab untuk membicarakan prakarsa untuk mengakhiri konflik antara demonstran dan pihak berwenang. Sebuah pernyataan singkat mengatakan pembicaraan tersebut konstruktif.

XS
SM
MD
LG