Tautan-tautan Akses

PBB Gelar Konferensi Anti Pemboikotan Israel


Bros bertuliskan BDS atau Boikot, Divestasi dan Sanksi terhadap Israel. (Foto: Dok)

Bros bertuliskan BDS atau Boikot, Divestasi dan Sanksi terhadap Israel. (Foto: Dok)

Konferensi ini membahas cara terbaik memerangi kampanye di banyak kampus di Amerika yang menyerukan boikot, divestasi dan sanksi (BDS) terhadap Israel karena perlakuannya terhadap bangsa Palestina.

Lebih dari 1.500 mahasiswa memenuhi aula Majelis Umum PBB hari Selasa (31/5), mengikuti konferensi yang diprakarsai perwakilan Israel di PBB. Yang dibicarakan ialah bagaimana cara terbaik memerangi kampanye di banyak kampus di Amerika yang menyerukan boikot, divestasi dan sanksi (BDS) terhadap Israel karena perlakuannya terhadap bangsa Palestina.

Bertempat di aula sama ketika 40 tahun lalu 72 negara memberi suara setuju menyamakan Zionisme dengan rasisme, Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon menyebut konferensi itu ‘peristiwa bersejarah’.

Secara terpisah, Duta Besar Palestina Riyad Mansour menyatakan konferensi itu ‘tak banyak artinya’.

Gerakan boikot, divestasi dan sanksi (BDS) itu bertujuan mengucilkan Israel dengan melobi berbagai institusi supaya memutuskan hubungan dengan Israel. Yang pro mengatakan BDS bertujuan memajukan upaya kemerdekaan Palestina. Yang kontra BDS mengatakan tujuannya adalah untuk mengharamkan Israel. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG