Tautan-tautan Akses

PBB: Eropa Hadapi 'Krisis Kemanusiaan Karena Tindakan Sendiri'


Juru bicara Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), Adrian Edwards (Foto: dok).

Juru bicara Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), Adrian Edwards (Foto: dok).

Adrian Edwards, juru bicara badan pengungsi PBB, mengatakan lebih dari 130.000 orang telah menyeberangi Laut Tengah tahun ini, kebanyakan mencapai Yunani.

PBB hari Selasa (1/3) memperingatkan bahwa Eropa mendekati “krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh tindakan diri sendiri” karena pemerintah-pemerintah di sana memberlakukan pembatasan-pembatasan di perbatasan dan gagal untuk bekerja sama sementara migran terus berdatangan di benua itu.

Adrian Edwards, juru bicara badan pengungsi PBB, mengatakan lebih dari 130.000 orang telah menyeberangi Laut Tengah tahun ini, kebanyakan mencapai Yunani. Jumlah keseluruhan selama dua bulan hampir sama angka untuk enam bulan pertama tahun lalu.

Sekitar 24.000 pengungsi dan migran membutuhkan akomodasi di Yunani, dan sekitar 8.500 dari mereka berada di dekat perbatasan dengan Makedonia.

Polisi Makedonia menembakkan gas air mata untuk mendorong kembali pengungsi yang berusaha menyeberangi perbatasan dari Yunani hari Senin dalam bentrokan terbaru antara para migran yang ingin pindah ke Eropa dan pemerintah-pemerintah di benua itu yang berusaha mengontrol arus migran ke wilayah mereka. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG