Tautan-tautan Akses

PBB: Epidemi AIDS Bisa Diakhiri pada 2030


Seorang dokter mengambil darah pasien untuk melihat HIV/AIDS di Kampala, Uganda. (Foto: Dok)

Seorang dokter mengambil darah pasien untuk melihat HIV/AIDS di Kampala, Uganda. (Foto: Dok)

Badan PBB untuk AIDS mengatakan kematian terkait AIDS turun menjadi 1,5 juta pada 2013 dari 1,7 juta tahun sebelumnya.

Angka kematian terkait AIDS secara global dan infeksi-infeksi HIV baru telah jatuh lebih dari sepertiganya dalam satu dekade, meningkatkan harapan untuk memberantas penyakit mematikan itu pada 2030, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, Rabu (16/7).

Namun, karena lebih dari setengah dari 35 juta orang yang hidup dengan HIV tidak menyadari mereka terinfeksi, perjuangan ini masih jauh dari selesai saat ini, ujar Michel Sidibe, kepala badan PBB untuk AIDS, UNAIDS.

"Jika kita cerdas dan meningkatkan upaya secara cepat pada 2020, kita akan ada dalam jalur yang benar untuk mengakhiri epidemi pada 2030, jadi AIDS tidak lagi menjadi ancaman kesehatan publik," ujarnya pada wartawan.

"Kita memiliki peluang yang rentan, karena apa yang kita lakukan pada lima tahun mendatang akan menentukan 15 tahun berikutnya."

Dalam laporan yang dikeluarkan sebelum Konferensi AIDS Internasional ke-20 di Australia pada 20-25 Juli, badan PBB itu mengatakan kematian terkait AIDS turun menjadi 1,5 juta pada 2013 dari 1,7 juta tahun sebelumnya.

Hal tersebut merupakan penurunan tahunan paling tajam sejak puncak epidemi pada 2004 dan 2005, dan menandai penurunan 35 persen dari 2,5 juta kematian pada kedua tahun tersebut.

Infeksi-infeksi baru juga jatuh menjadi 2,1 juta tahun lalu, turun 38 persen dibandingkan dari 3,4 juta pada 2001. (AFP)

XS
SM
MD
LG