Tautan-tautan Akses

PBB Diperkirakan Akan Setujui Pasukan Perdamaian di Afrika Tengah


Pasukan perdamaian menjaga konvoi menuju Kamerun, dekat Bangui, Republik Afrika Tengah (8/4).

Pasukan perdamaian menjaga konvoi menuju Kamerun, dekat Bangui, Republik Afrika Tengah (8/4).

PBB menghendaki 10 ribu tentara dan 1.800 polisi yang akan mengambil alih dari pasukan Afrika yang sekarang beroperasi di Republik Afrika Tengah atau CAR.

Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan menyetujui resolusi Kamis (10/4) yang mengesahkan pasukan penjaga perdamaian baru yang besar untuk Republik Afrika Tengah.

Menurut dokumen rancangan yang dilihat VOA, rancangan tersebut menghendaki 10 ribu tentara dan 1.800 polisi yang akan mengambil alih dari pasukan Afrika yang sekarang beroperasi di Republik Afrika Tengah atau CAR.

Enam ribu pasukan Afrika dan 2.000 pasukan Perancis telah tidak dapat membendung kekerasan antar-agama yang telah menewaskan ribuan orang. Resolusi itu mengatakan pasukan PBB itu sebaiknya memasukkan sebanyak mungkin dari pasukan Afrika, yang dinamakan MISCA.

Penjaga perdamaian akan mulai bertugas 15 September.

Samantha Power, duta besar Amerika untuk PBB, berada di CAR Rabu, dan mengatakan kepada pasukan MISCA bahwa prospek untuk pasukan PBB “akan dibuat lebih cerah atau lebih sulit” oleh tindakan mereka antara sekarang dan tanggal 15 September.

Dia mengatakan Amerika mendukung mereka, dan bahwa dunia juga perlu berbuat lebih banyak untuk menyediakan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang menderita oleh pertempuran. Power mengumumkan $ 22 juta lagi bantuan tahun ini untuk hal-hal seperti pangan, sanitasi dan perawatan kesehatan.
XS
SM
MD
LG