Tautan-tautan Akses

PBB Didesak Menindak Iran Atas Percobaan Rudal Balistik


Matthew Rycroft, perwakilan permanen Inggris di PBB.

Matthew Rycroft, perwakilan permanen Inggris di PBB.

Empat negara anggota Dewan Keamanan PBB mengatakan peluncuran rudal itu adalah pelanggaran serius dan meminta agar komite mengambil tindakan yang sesuai.

Amerika, Inggris, Perancis, dan Jerman meminta Komite Sanksi PBB terhadap Iran agar mengambil tindakan mengenai percobaan rudal Iran, yang menurut mereka melanggar resolusi PBB.

Keempat negara tersebut, semuanya anggota Dewan Keamanan PBB, mengirim surat kepada komite sanksi dengan mengatakan bahwa peluncuran rudal itu adalah pelanggaran serius dan meminta agar komite mengambil tindakan yang sesuai.

Duta Besar Inggris Matthew Rycroft mengatakan bahwa setiap tindakan akan bergantung pada pandangan pakar teknis mengenai peluncuran itu.

“Itu jelas dalam pandangan kami melanggar resolusi dewan keamanan, yang tetap berlaku setelah persetujuan nuklir Iran. Sangat penting bagi komite sanksi meninjaunya dengan hati-hati dan melapor kembali kepada kita.”

Resolusi 1929 melarang Iran melakukan peluncuran misil balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Kantor berita Reuters mengutip surat itu dengan mengatakan rudal tersebut mampu membawa senjata nuklir.

Surat itu merupakan satu langkah pertama menuju kemungkinan pemberlakukan sanksi terhadap Iran, walaupun sanksi harus disetujui oleh anggota dewan keamanan yang lain, yaitu Rusia dan China. [gp]

XS
SM
MD
LG