Tautan-tautan Akses

PBB : Obat Keras ‘Designer Drugs’ Jadi Tantangan


Warga AS di kota Duluth, Minnesota antri untuk membeli obat keras jenis 'designer drugs' (foto: dok). Permintaan designer drugs melonjak pesat.

Warga AS di kota Duluth, Minnesota antri untuk membeli obat keras jenis 'designer drugs' (foto: dok). Permintaan designer drugs melonjak pesat.

Badan Pengawasan Obat Keras PBB (UNODC) mengatakan obat-obatan baru yang dipasarkan sebagai “legal highs” dan “designer drugs” muncul pada tingkat yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Badan Pengawasan Obat-Obatan Keras PBB – UNODC – mengatakan obat-obatan baru yang dipasarkan sebagai “legal highs” dan “designer drugs” muncul pada tingkat yang tidak pernah terjadi sebelumnya dan menjadi tantangan tak terduga bagi kesehatan publik.

UNODC mengatakan senyawa psikoaktif baru yang dikenal sebagai NPS ini adalah legal dan dijual secara terbuka, tetapi belum pernah diuji-coba untuk mengetahui aman atau tidak.

Dalam wawancara dengan VOA, salah seorang penulis laporan UNODC – Thomas Pietschmann mengatakan “designer drugs” sama berbahaya seperti obat-obatan tradisional yang dilarang.

Pietschmann menambahkan UNODC telah meluncurkan “sistem peringatan dini” yang dimaksudkan untuk memberitahu pemerintah tentang kemunculan “designer drugs” baru di negara mereka.

UNODC melaporkan temuannya tersebut hari Rabu bertepatan dengan Hari Internasional Tahunan Untuk Menentang Perdagangan Gelap dan Penyalahgunaan Narkoba.
XS
SM
MD
LG