Tautan-tautan Akses

PBB Desak Taliban Hindari Korban Sipil Afghanistan


Georgette Gagnon (Foto: dok).

Georgette Gagnon (Foto: dok).

Nicholas Haysom, utusan PBB untuk Afghanistan, dalam jumpa pers mengatakan bahwa PBB telah memberikan laporan korban tewas kepada para pemimpin Taliban di Doha, ibukota Qatar.

PBB mengatakan sudah meminta Taliban agar menghindari korban sipil di Afghanistan, Jumat (19/12), tetapi belum melihat perubahan berarti di lapangan dimana 75 persen korban tewas dan cedera tahun ini dikatakan akibat ulah kelompok pemberontak itu.

Nicholas Haysom, utusan PBB untuk Afghanistan, dalam jumpa pers mengatakan bahwa PBB telah memberikan laporan korban tewas kepada para pemimpin Taliban yang memiliki kantor di Doha, ibukota Qatar.

Ia mengatakan Taliban awalnya menolak mengakui laporan itu dan mengatakan data PBB tidak akurat.

Georgette Gagnon, direktur HAM untuk misi PBB di Afghanistan (UNAMA), mengatakan sudah tampak perubahan di lapangan tetapi tidak signifikan. Menurut Gagnon, Taliban kini lebih menarget fasilitas militer tetapi masih memakai taktik atau cara yang membabi buta dan tidak berimbang sehingga pada akhirnya masih mengakibatkan korban jiwa di kalangan sipil.

UNAMA melaporkan dalam 11 bulan tahun ini terdapat 9.617 korban sipil di Afghanistan, 3.188 tewas dan 6.429 cedera. Gagnon memperkirakan angka itu akan melampaui 10.000 pada akhir tahun, yang pertama sejak UNAMA mulai mencatat jumlah korban pada tahun 2008.‚Äč

XS
SM
MD
LG