Tautan-tautan Akses

PBB Desak Solusi Komprehensif atas Krisis Migran di Eropa


Sekjen PBB Ban Ki-moon menginginkan solusi komprehensif krisis migran di Eropa (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon menginginkan solusi komprehensif krisis migran di Eropa (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon menginginkan solusi komprehensif krisis migran dalam pertemuan dengan PM Irlandia Enda Kenny di Dublin, Selasa (26/5).

PBB meminta Uni Eropa agar menampung lebih banyak migran yang menyeberangi Laut Tengah demi kehidupan yang lebih baik.

Dalam jumpa pers hari Selasa (26/5) bersama Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny di Dublin, Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon menginginkan solusi komprehensif untuk krisis tersebut.

Pendekatan apapun, kata Ban, juga harus mengkaji akar dari masalah arus migran itu di negara-negara asal mereka. Ban juga ingin Uni Eropa mempercanggih operasi SAR di Laut Tengah.

Juga Selasa, Komisaris Tinggi PBB Urusan HAM Zeid Ra’ad Al Hussein mengatakan krisis migran saat ini di Eropa dan Asia Tenggara sangat mencemaskan dan tidak akan terselesaikan tanpa pendekatan yang lebih menyeluruh.

Al Hussein mengatakan hak-hak asasi para migran itu, yang putus asa karena ketakutan dan kemiskinan, harus diprioritaskan.

Berdasarkan proposal terbaru, Uni Eropa akan menampung dan memukimkan ulang 20.000 migran.

Organisasi Migrasi Internasional (IOM) memperkirakan lebih dari 80.000 orang telah menyeberangi Laut Tengah, sebagian besar akibat konflik dan kemiskinan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Lebih dari 1.800 migran telah tewas di laut atau masih hilang.

XS
SM
MD
LG