Tautan-tautan Akses

PBB, AS Desak Burma Hentikan Serangan Udara di Kachin


Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).
Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).

AS dan PBB mendesak pemerintah Burma agar menghentikan serangan udaranya terhadap pemberontak di negara bagian Kachin, Burma utara.

Amerika dan PBB mendesak pemerintah Burma agar menghentikan operasi serangan udaranya terhadap pemberontak di negara bagian Kachin, Burma utara, di mana eskalasi kekerasan mengancam proses reformasi di negara itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan Washington "sangat risau" oleh penggunaan kekuatan udara pemerintah, dan menyerukan perundingan yang akan ke arah diakhirinya pertempuran.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon hari Rabu mengimbau Burma agar menahan diri dari tindakan apapun yang dapat membahayakan nyawa warga sipil atau memicu konflik lebih lanjut di negara bagian Kachin.

Sebuah pernyataan PBB mengatakan permusuhan sekarang ini antara pasukan pemerintah dan pejuang pemberontak dari Organisasi Kemerdekaan Kachin telah menyebabkan "pengungsian besar-besaran warga sipil yang terus membutuhkan bantuan kemanusiaan."

Dalam wawancara hari Rabu dengan VOA, seorang juru bicara pemerintah mengakui bahwa "jet-jet pelatihan" digunakan dalam serangan terhadap posisi pemberontak dalam pertempuran yang dimulai pekan lalu. Pejabat-pejabat lain pada awalnya membantah dilancarkannya serangan-serangan itu.
XS
SM
MD
LG