Tautan-tautan Akses

PBB Desak Negara-negara Terima Pengungsi Suriah


Kepala badan pengungsi PBB, Antonio Guterres mendesak lebih banyak negara membuka diri bagi 3 juta lebih pengungsi Suriah

Kepala badan pengungsi PBB, Antonio Guterres mendesak lebih banyak negara membuka diri bagi 3 juta lebih pengungsi Suriah

PBB hari Selasa (9/12) mendesak agar lebih banyak negara anggotanya menerima 3 juta lebih pengungsi dari Suriah yang dilanda konflik berkepanjangan.

PBB hari Selasa (9/12) mendesak agar lebih banyak negara anggotanya menerima pengungsi dari Suriah guna meringankan beban lebih dari tiga juta pengungsi yang melarikan diri ke negara-negara tetangga Suriah.

Berbicara di Jenewa, kepala badan pengungsi PBB (UNHCR), Antonio Guterres mengulangi permintaan agar negara-negara anggota secara kolektif menampung 130.000 pengungsi menjelang tahun 2016.

Badan pengungsi itu juga memprediksi anggaran untuk tahun depan sebesar 6,2 miliar dollar dan, sejauh ini, baru mendapat janji-janji senilai 500 juta dolar.

PBB sedang kesulitan memenuhi keperluan dana untuk melakukan program-program kemanusiaan di Suriah, di mana sekitar sembilan juta orang kini mengungsi akibat perang saudara dan ofensif oleh militan ISIS. Sekitar sepertiga pengungsi itu kini ditampung di negara-negara tetangga seperti Turki, Yordania dan Libanon.

Selasa pagi, Badan Pangan Dunia PBB (WFP) mengatakan telah memulai lagi penyaluran kupon makanan bagi pengungsi Suriah di lima negara setelah berhasil menggalang dana baru.

Badan itu minggu lalu berhenti menyalurkan kupon makanan karena kekurangan dana 64 juta dollar. Sejak itu, WFP mengatakan sejumlah individu dan negara telah menyumbang 80 juta dollar.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG