Tautan-tautan Akses

PBB Desak Langkah untuk Atasi Pencari Suaka Lewat Laut


Ketua UNHCR Antonio Guterres menjadi tuan rumah konferensi penyelamatan pencarai suaka lewat laut di Jenewa, Swiss (foto: dok).

Ketua UNHCR Antonio Guterres menjadi tuan rumah konferensi penyelamatan pencarai suaka lewat laut di Jenewa, Swiss (foto: dok).

Menurut badan pengungsi PBB (UNHCR), 348.000 orang telah berusaha menyeberangi lautan tahun ini, di mana sedikitnya 4.272 orang dilaporkan tewas.

Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan Rabu (10/12), dunia perlu lebih fokus menanggapi ratusan ribu orang yang menempuh perjalanan laut yang berisiko dalam usaha mencari suaka atau bermigrasi.

Ketua UNHCR Antonio Guterres menjadi tuan rumah konferensi di Jenewa, Swiss, yang berlangsung Rabu dan Kamis, untuk membahas usaha-usaha penyelamatan di laut, cara-cara untuk mendorong penggunaan metoda bermigrasi yang lebih aman dan mengatasi penyebab-penyebab orang-orang pergi meninggalkan negara mereka.

Badan itu mengatakan, sedikitnya, 348.000 orang telah berusaha menyeberangi lautan tahun ini, dan ini merupakan rekor tertinggi dalam satu tahun, dengan 4.272 kematian dilaporkan.

Rute yang paling berbahaya adalah melintasi Laut Tengah di mana lebih dari 3.400 orang tewas pada 2014. Sepanjang tahun 2014, Laut Tengah diseberangi oleh 207 ribu orang – lebih dari tiga kali lipat dibanding tingkat tertinggi sebelumnya pada 2011.

XS
SM
MD
LG