Tautan-tautan Akses

PBB Desak Gencatan Senjata Israel-Palestina


Sistem pencegat roket Iron Dome yang canggih milik Israel dan didanai Amerika (9/7), di kota Ashdod, Israel. (Reuters/Baz Ratner)

Sistem pencegat roket Iron Dome yang canggih milik Israel dan didanai Amerika (9/7), di kota Ashdod, Israel. (Reuters/Baz Ratner)

Dewan Keamanan PBB meminta penghentian kekerasan, pemulihan ketertiban dan pemberlakuan lagi gencatan senjata pada 2012 yang dimediasi Mesir.

Dewan Keamanan PBB meminta gencatan senjata dalam konflik Israel-Palestina, sementara Israel melanjutkan serangan udara di Gaza untuk hari kelima.

Dalam pernyataan Sabtu (12/7), dewan beranggotakan 15 negara itu meminta penghentian kekerasan, pemulihan ketertiban dan pemberlakuan lagi gencatan senjata pada 2012 yang dimediasi Mesir.

Ini adalah respon resmi pertama terhadap krisis tersebut oleh Dewan Keamanan PBB, yang terpecah dalam konflik Israel-Palestina itu.

Para pejabat Palestina ] Sabtu mengatakan serangan Israel telah menewaskan hingga 130 orang, sementara Israel terus menyerang lokasi-lokasi yang diyakini strategis bagi Hamas dan kelompok militan lainnya.

Berbagai laporan dari Gaza mengatakan banyak korban tewas adalah warga sipil.

Hamas dan kelompok-kelompok militan lain telah menembakkan ratusan roket ke Israel. Tetapi Israel mengatakan tidak ada korban jiwa di pihaknya, sebagian karena terlindung oleh sistem pencegat roket Iron Dome yang ikut didanai Amerika.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG