Tautan-tautan Akses

PBB Capai Kesepakatan Tingkatkan Pasokan Makanan ke Yaman


Seorang anak laki-laki Yaman duduk di samping mobil yang terkena serangan udara koalisi pimpinan Saudi di provinsi Amran (29/8).

Seorang anak laki-laki Yaman duduk di samping mobil yang terkena serangan udara koalisi pimpinan Saudi di provinsi Amran (29/8).

Sekitar 90% pasokan Yaman kini tergantung pada impor, tetapi kini berada di ambang kelaparan parah setelah pertempuran selama berbulan-bulan.

PBB hari Rabu (2/9) menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Yaman dan koalisi militer pimpinan Arab Saudi untuk meningkatkan arus pasokan barang yang sangat dibutuhkan – seperti makanan dan bahan bakar – ke Yaman.

Sekitar 90% pasokan Yaman kini tergantung pada impor, tetapi telah berada di ambang kelaparan parah setelah pecahnya pertempuran selama berbulan-bulan yang menyebabkan terhentinya impor barang-barang perniagaan dan pengiriman bantuan.

Koordinator Regional Badan Kemanusiaan PBB untuk Krisis Yaman hari Rabu (2/9) mengukuhkan lewat seorang juru bicara bahwa perjanjian telah tercapai mengenai mekanisme untuk memastikan dan memeriksa keberadaan barang-barang perniagaan dan bantuan.

Belum jelas kapan mekanisme itu akan dioperasikan karena isu pendanaan dan isu-isu lain.

Koalisi pimpinan Arab Saudi yang didukung Amerika telah melancarkan serangan udara terhadap gerilyawan Syiah-Houthi sejak Maret lalu.

XS
SM
MD
LG