Tautan-tautan Akses

PBB: Beberapa Negara Janji Terima 100 Ribu Pengungsi Suriah


Anak pengungsi Suriah bermain lumpur di kota Al-Faour, Lebanon timur, dekat perbatasan dengan Suriah (2/12). (AP/Hussein Malla)

Anak pengungsi Suriah bermain lumpur di kota Al-Faour, Lebanon timur, dekat perbatasan dengan Suriah (2/12). (AP/Hussein Malla)

Menurut PBB, sebagian besar negara yang menawarkan diri untuk menerima pengungsi Suriah itu berasal dari Uni Eropa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan negara-negara anggotanya telah sepakat untuk menerima lebih dari 100.000 pengungsi Suriah dari negara-negara tetangga Suriah. Jumlah itu adalah dua kali lipat tawaran pemukiman sebelumnya.

Pengumuman oleh kepala badan pengungsi PBB Antonio Guterres Selasa (9/12) itu disampaikan beberapa jam setelah konferensi negara-negara donor di Jenewa, tempat ia mengulangi permohonan peningkatan kerjasama internasional untuk memukimkan warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara dan kelompok militan Negara Islam atau ISIS.

Paginya, Guterres mengatakan tujuan jangka panjangnya adalah agar negara-negara bukan tetangga Suriah menampung 10 persen dari sekitar 3 juta pengungsi Suriah di luar negeri.

Menurut PBB, sebagian besar negara yang menawarkan diri untuk menerima pengungsi Suriah pada Selasa itu berasal dari Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG