Tautan-tautan Akses

PBB Minta Akses China untuk Ungkap Pelanggaran HAM Korea Utara


Inspektur PBB, Michael Kirby, minta bantuan China guna melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM di Korea Utara (foto: dok).

Inspektur PBB, Michael Kirby, minta bantuan China guna melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM di Korea Utara (foto: dok).

Penyidik PBB hari Kamis (31/10) minta China memberikan akses guna melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM di Korea Utara.

Seorang penyidik PBB mengatakan telah minta China untuk memberikan akses kepada timnya guna melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM di Korea Utara.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA di Washington hari Kamis (31/10), pensiunan hakim Australia Michael Kirby mengatakan ia berharap Komisi Penyelidikan yang diberi mandat PBB akan bisa mengunjungi China dalam dua bulan ke depan.

Tim itu harus menyelesaikan penulisan laporannya mengenai catatan HAM Korea Utara pada awal Februari, sehingga dapat diserahkan kepada Dewan HAM PBB yang bermarkas di Jenewa itu pada bulan Maret.

Ketua Komisi Kirby berbicara di sela-sela sesi mengenai dugaan pelanggaran HAM Korea Utara.

Korea Utara telah membantah melakukan pelanggaran HAM dan menolak bekerja sama dengan investigasi PBB, serta menyebutnya sebagai tindakan politik bermusuhan.
XS
SM
MD
LG