Tautan-tautan Akses

PBB Bantu Jutaan Dolar untuk Penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil


Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil PBB akan menyediakan berbagai macam fasilitas di luar stadion untuk tempat layanan dukungan serta sejumlah jasa keamanan (foto: dok).

Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil PBB akan menyediakan berbagai macam fasilitas di luar stadion untuk tempat layanan dukungan serta sejumlah jasa keamanan (foto: dok).

Pihak penyelenggara Piala Dunia di Brazil mengatakan telah menandatangani kesepakatan bernilai 17 juta dollar dengan PBB guna membantu persiapan sebagai tuan rumah turnamen dunia itu.

Claudio Monteiro, ketua tim persiapan Piala Dunia di Brasilia, mengatakan komite persiapan di ibukota Brazil itu minggu ini menandatangani perjanjian dengan Badan Pembangunan PBB. PBB akan menyediakan berbagai macam fasilitas di luar stadion untuk tempat layanan dukungan. PBB juga akan menyediakan sejumlah jasa keamanan.

Monteiro mengatakan pengalaman PBB menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional adalah alasan mereka meminta bantuan badan dunia itu. Pihak penyelenggara lokal di Brazil telah mendapat sejumlah kecaman dari FIFA dan pihak lainnya karena banyak proyek persiapan yang tertunda.

Brasilia akan menjadi tuan rumah pertandingan pembuka Piala Konfederasi tanggal 15 Juni, dan Monteiro mengatakan stadion di kota itu akan siap digunakan sesuai tenggat waktu 21 April.

Sementara itu, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memperingatkan para atlet agar tidak menggunakan obat-obatan dari pasar gelap yang dapat mengakibatkan risiko kesehatan serius.

WADA hari Kamis mengirim surat kepada organisasi-organisasi anti-doping nasional, mendesak agar mereka mengingatkan para atlit mengenai bahaya zat yang disebut “GW501516.”

Surat itu mengatakan efek samping dari zat kimia itu sangat serius sehingga WADA mengambil langkah guna memastikan adanya kesadaran mengenai resiko kesehatan zat tersebut.

WADA mengatakan produk tersebut, yang dilaporkan dapat meningkatkan stamina atlet, ditarik dari riset sebuah perusahaan farmasi setelah ditemukan bahan-bahan beracun dalam kajian pre-klinis. WADA mengatakan zat GW501516 sudah beberapa bulan tersedia di pasar gelap, dan telah terbukti positif digunakan kalangan atlet.
XS
SM
MD
LG