Tautan-tautan Akses

PBB: Banjir Pakistan Saingi 3 Bencana Besar


Banjir di Pakistan ini, menurut PBB, lebih dahsyat dampaknya bagi kemanusiaan dibandingkan tsunami 2004, gempa Pakistan 2005 dan gempa Haiti tahun ini.

Banjir besar di Pakistan telah menyengsarakan hampir 14 juta orang, lebih besar dari total korban kombinasi bencana tsunami tahun 2004, gempa bumi di Pakistan tahun 2005 dan gempa bumi di Haiti tahun ini. Demikian pernyataan dari PBB hari ini.

Jumah korban tewas pada masing-masing bencana tersebut memang jauh lebih besar dari jumlah korban tewas sejauh ini akibat banjir di Pakistan, sebanyak 1.600 jiwa. Namun, Juru Bicara PBB Urusan Koordinasi Kantuan Kemanusiaan (OCHA), Maurizio Giuliano, mengatakan dua juta orang lagi terkena dampak banjir dan akan memerlukan bantuan untuk pulih.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengunjungi kawasan-kawasan yang terkena banjir di Provinsi Punjab hari ini, dan mengatakan banjir kali ini merupakan bencana banjir terburuk dalam sejarah negara ini.

Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa merupakan kawasan yang paling parah dilanda banjir. Lebih dari 600.000 orang masih mengalami kesulitan di Lembah Swat, dimana paling banyak jembatan dan jalan yang rusak akibat tersapu banjir.

XS
SM
MD
LG