Tautan-tautan Akses

DK PBB Bahas Ketegangan di Krimea


Marinir Rusia melakukan parade pada Hari Angkatan Laut di Sevastopol, Krimea akhir bulan lalu (foto: dok).

Marinir Rusia melakukan parade pada Hari Angkatan Laut di Sevastopol, Krimea akhir bulan lalu (foto: dok).

Dewan Keamanan PBB akan bersidang hari Kamis (11/8) untuk membahas ketegangan yang meningkat di Krimea. Pertemuan itu diadakan atas Permintaan Ukraina.

Pemerintah Rusia menuduh Kyiv berencana melancarkan serangan terhadap Semenanjung yang diperebutkan itu.

Ukraina, anggota tidak tetap Dewan, meminta pertemuan darurat tertutup untuk membahas ketegangan antara kedua negara, khususnya setelah Ukraina menyiagakan militernya pada hari Kamis (11/8) dan Rusia juga berencana meningkatkan keamanan di Krimea.

Seorang pejabat NATO mengatakan kepada VOA bahwa aliansi tersebut memantau dengan cermat dan prihatin mengenai ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Ukraina.

Seorang pejabat NATO mengatakan aliansi itu merasa terjamin dengan kecaman tegas Ukraina terhadap semua bentuk terorisme, dan menyatakan bahwa Kiev mengandalkan diplomasi dalam masalah Krimea.

Aktivitas militer Rusia belakangan ini di Krimea tidak membantu meredakan ketegangan, lanjut pejabat itu dan menambahkan NATO meminta Rusia agar berupaya memulihkan ketenangan dan meredakan situasi.

Moskow menganeksasi Semenanjung Krimea pada tahun 2014. Ini merupakan langkah militer yang terus dikecam oleh para pemimpin dunia dan memicu konflik antara Ukraina dan Rusia. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG