Tautan-tautan Akses

PBB Akan Tempatkan Pasukan di Sudan Selatan dalam 48 Jam


Hilde Johnson, Utusan PBB untuk Misi di Sudan Selatan (UNMISS), dalam jumpa pers lewat video dari Juba, Sudan Selatan (26/12).

Hilde Johnson, Utusan PBB untuk Misi di Sudan Selatan (UNMISS), dalam jumpa pers lewat video dari Juba, Sudan Selatan (26/12).

PBB juga mendesak para tokoh politik negara itu agar mengekang pasukan mereka dan memberi kesempatan bagi perdamaian.

PBB mengatakan pihaknya berharap akan menempatkan bala bantuan penjaga perdamaian di Sudan Selatan dalam waktu 48 jam, sementara pasukan pemerintah bertempur melawan pemberontak pada Kamis (26/12) memperebutkan kota Malakal, di hulu sungai Nil.

Utusan PBB Hilde Johnson, berbicara di ibukota Juba, menekankan perlunya “kecepatan paling tinggi” untuk meningkatkan kehadiran PBB. Dia mengatakan lebih dari 50 ribu kaum sipil sudah mencari perlindungan di pangkalan-pangkalan PBB sejak pertempuran pecah pekan lalu.

Johnson berbicara sementara para pemimpin Afrika mengadakan pembicaraan darurat di ibukota dengan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengenai pengakhiran kerusuhan yang meningkat di negara itu.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dan Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn turut di antara para pejabat yang bertemu dengan Kiir.

Dalam keterangan PBB Kamis, Johnson juga mendesak para tokoh politik negara itu agar mengekang pasukan mereka dan memberi kesempatan bagi perdamaian.
XS
SM
MD
LG