Tautan-tautan Akses

PBB akan Tarik Staf Keluar dari Suriah


Situasi di Suriah yang makin tidak menentu memaksa PBB untuk menarik separuh staf asingnya dari Suriah (foto: dok).

Situasi di Suriah yang makin tidak menentu memaksa PBB untuk menarik separuh staf asingnya dari Suriah (foto: dok).

PBB akan menarik keluar separuh dari sekitar 100 staf asingnya dari Suriah karena kekerasan yang semakin meningkat.

Beberapa pejabat PBB hari Senin mengatakan sebagai bagian dari langkah-langkah baru, sebagian besar staf internasional Lakhdar Brahimi, utusan PBB-Liga Arab yang berbasis di Damaskus, akan dipindahkan ke Kairo dan Lebanon.

Sisanya, staf warga Suriah, sekitar 800 orang telah diminta bekerja dari rumah.

Ibukota Suriah itu berada dalam gempuran berat dalam beberapa hari ini. Hari Senin, tembakan-tembakan mortir menghantam Lapangan Umayyad, daerah yang menjadi markas besar militer, sebuah hotel, dan sebuah gedung televisi pemerintah.

Para pejabat PBB mengatakan sejumlah mortir jatuh di dekat sebuah hotel yang ditempati oleh staf PBB. Media pemerintah Suriah mengatakan serangan itu menewaskan satu orang dan mencederai beberapa lainnya.

Sebelumnya, di Suriah timur, para aktivis Suriah mengatakan sebuah bom mobil di kota Mayadeen melukai Riad Asaad, komandan tertinggi pemberontak, salah seorang yang pertama membelot dari militer Suriah.

Juga hari Senin, pihak berwenang Yordania menutup lintasan perbatasan utamanya dengan Suriah di Suriah utara, setelah bentrokan berhari-hari antara pemberontak dan tentara Suriah.

Oposisi Suriah akan berusaha mendapat tambahan dukungan regional minggu ini.

Mouaz al-Khatib, yang mengundurkan diri dari jabatan sebagai ketua Koalisi Nasional Suriah akhir pekan yang lalu, mengatakan akan menghadiri pertemuan Liga Arab pekan ini di Qatar. KTT dua hari di Doha itu dimulai hari Selasa.

Para diplomat Arab hari Minggu mengatakan Liga Arab telah mengundang Khatib dan perdana menteri interim Ghassan Hitto untuk mewakili kepentingan Suriah dalam pertemuan itu.

Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah dalam blok itu tahun 2011 dan sebagian besar anggota telah menyerukan pemecatan Presiden Bashar al-Assad.

Khatib mengundurkan diri hari Minggu, mengeluh bahwa komunitas internasional belum berbuat cukup banyak untuk membantu rakyat Suriah membela diri mereka dari pasukan Assad.
XS
SM
MD
LG