Tautan-tautan Akses

PBB akan Kirim Utusan untuk Mulai Lagi Perundingan Sahara Barat


Sekjen PBB Ban Ki-moon akan mengirim utusan khusus untuk memulai kembali perundingan perdamaian di Sahara Barat (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon akan mengirim utusan khusus untuk memulai kembali perundingan perdamaian di Sahara Barat (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon meminta utusan khusus Christopher Ross untuk memulai kembali perundingan antara Maroko dan Front Polisario yang mengklaim kemerdekaan di wilayah itu.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon mengatakan belum ada “kemajuan nyata” dalam perundingan untuk mencapai solusi politik dalam konflik di Sahara Barat yang telah berlangsung selama 40 tahun.

Ban Ki-Moon hari Minggu (6/3) mengatakan kepada wartawan di Aljir – Aljazair, setelah mengunjungi kamp-kamp pengungsi di bagian selatan Aljazair, ia meminta wakil khususnya – Christopher Ross – untuk memulai kembali perundingan antara Maroko dan Front Polisario yang selama puluhan tahun mengklaim kemerdekaan di wilayah itu.

Ban Ki-Moon menemui sejumlah tentara PBB yang siap mengamankan berlangsungnya referendum “jika ada perjanjian yang dicapai di antara kedua pihak”.

Konflik itu juga telah meredupkan hubungan antara Aljazair – yang mendukung Polisario – dengan Maroko, yang menganeksasi wilayah itu tahun 1975 setelah Spanyol menarik mundur pasukannya. [em/ii]

XS
SM
MD
LG