Tautan-tautan Akses

PBB Setuju Kirim Pengamat Gencatan Senjata ke Suriah


Para anggota DK PBB sepakat untuk memberi otorisasi pengerahan sebuah tim terdiri dari 30 pengamat militer ke Suriah (14/4).

Para anggota DK PBB sepakat untuk memberi otorisasi pengerahan sebuah tim terdiri dari 30 pengamat militer ke Suriah (14/4).

DK PBB hari Sabtu (14/4) menyetujui pengiriman sebuah tim pengamat ke Suriah untuk memantau gencatan senjata antara pemerintah dan kekuatan oposisi.

DK PBB telah melakukan pemungutan suara untuk mengirim sebuah tim pengamat ke Suriah di mana laporan tentang kekerasan terus meningkat, meskipun ada kesepakatan gencatan senjata antara pasukan pemerintah dan kekuatan oposisi.

Dalam sebuah pemungutan suara Sabtu, DK memberi otorisasi pengerahan sebuah tim terdiri dari 30 pengamat militer. Pemantau diharapkan berangkat ke Damaskus dalam beberapa hari mendatang.

Kelompok ini akan melaporkan penerapan sebuah rencana perdamaian yang ditengahi oleh utusan PBB – Liga Arab, Kofi Annan. Isinya menyerukan agar pasukan pemerintah menarik diri dari daerah perkotaan dan mengakhiri penumpasan lewat kekerasan terhadap pembangkangan. Pembrontak juga harus menghentikan pertempuran.

Pasukan Suriah menyepakati sebuah genjatan senjata Kamis, tetapi baik pasukan pemerintah maupun pembrontak saling menuduh bahwa serangan terus berlanjut.

Kelompok HAM dan aktivis mengatakan pasukan keamanan menewaskan paling sedikit lima orang Sabtu. Mereka mengatakan pasukan melancarkan tembakan terhadap sebuah prosesi penguburan di Aleppo, menewaskan empat orang. Mereka juga mengatakan penembakan artileri terhadap Homs telah menyebabkan satu orang tewas.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, mengatakan dua tentara tewas dalam serangan pembrontak di provinsi Daraa.
XS
SM
MD
LG