Tautan-tautan Akses

PBB: 218 Ribu Migran Lebih Seberangi Laut Tengah pada Oktober


Ketua Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem mengatakan dampak krisis migran bisa mempengaruhi anggaran beberapa negara Uni Eropa (foto: dok).

Ketua Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem mengatakan dampak krisis migran bisa mempengaruhi anggaran beberapa negara Uni Eropa (foto: dok).

Menurut UNHCR, sebanyak 210.265 orang menyeberangi laut dari Turki ke Yunani bulan lalu dan 8.129 lainnya melakukan perjalanan dari Afrika utara ke Italia.

PBB mengatakan lebih dari 218 ribu migran menyeberangi Laut Tengah dalam bulan Oktober, melebihi jumlah migran yang menyeberang sepanjang tahun lalu.

Menurut Badan Pengungsi PBB (UNHCR), 210.265 orang menyeberangi laut dari Turki ke Yunani bulan lalu dan 8.129 lainnya melakukan perjalanan dari Afrika utara ke Italia. UNHCR memperkirakan, tahun 2014 sekitar 216 ribu orang melintasi Laut Tengah dengan 3.000 lainnya masuk ke Turki dengan jalan darat.

Umumnya migran baru itu datang ke Yunani, dengan jumlah terbanyak setiap hari mencapai 10.006 orang pada 20 Oktober.

Hari Senin (2/11), ketua Eurogroup Jeroen Dijsselbloem mengatakan dampak krisis migran bisa mempengaruhi anggaran beberapa negara, seperti Yunani, yang didera utang.

Kepada sekelompok wartawan di Den Haag, Dijsselbloem mengatakan, "kita perlu melakukan apa saja yang kita bisa guna membantu Yunani mengatasi masalah itu." [ka]

XS
SM
MD
LG