Tautan-tautan Akses

Paus akan Bertemu dengan Fidel Castro


Paus Benediktus di desa El Cobre, Kuba (Foto: dok)

Paus Benediktus di desa El Cobre, Kuba (Foto: dok)

Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro, 85 tahun, mengumumkan bahwa ia telah meminta waktu beberapa menit dari Sri Paus.

Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro mengatakan ia akan bertemu hari Rabu dengan Paus Benediktus di Havana, sebelum Paus mengakhiri kunjungan tiga harinya di pulau yang dikuasai komunis itu.

Dalam pernyataan yang dimuat Selasa malam di situs Internet pemerintah, Castro yang berusia 85 tahun itu mengumumkan bahwa ia telah meminta waktu pemimpin Katolik itu beberapa menit. Paus dijadwalkan akan mengadakan Misa di udara terbuka di Plaza Revolusi di kota Havana.

Paus bertemu sebentar hari Selasa dengan Presiden Kuba Raul Castro, adik dan pengganti Fidel, setelah ia tiba di Havana dari kota Santiago. Seorang juru bicara Vatikan mengatakan Paus Benediktus meminta Castro agar dengan resmi menetapkan Jumat Agung, hari umat Kristen memperingati kematian Yesus, sebagai hari libur nasional.

Juru bicara itu juga mengatakan Paus menyampaikan permohonan kemanusiaan kepada Castro, tanpa mengatakan apakah ia meminta pembebasan tahanan politik atau khususnya Alan Gross, kontraktor Amerika yang dipenjarakan tahun 2009 atas tuduhan kejahatan terhadap negara komunis itu.

Paus Benediktus tiba di Kuba dengan misi untuk meningkatkan pengaruh Gereja dan mendorong rakyat Kuba untuk mengupayakan perubahan politik untuk membangun masyarakat baru dan terbuka. Tetapi Wakil Presiden Marino Murillo mengatakan kepada wartawan hari Selasa, bahwa tidak akan ada reformasi politik di Kuba.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG