Tautan-tautan Akses

Paus Terima Pengunduran 2 Uskup terkait Pelecehan Seksual


Jozef Wesolowski, mantan Uskup di Santo Domingo, Republik Dominika dituduh membayar uang untuk berhubungan seks dengan sejumlah anak (foto: dok).

Jozef Wesolowski, mantan Uskup di Santo Domingo, Republik Dominika dituduh membayar uang untuk berhubungan seks dengan sejumlah anak (foto: dok).

Paus Fransiskus baru saja membentuk pengadilan di Vatikan yang secara khusus mengadili kasus pelecehan terhadap anak oleh pejabat gereja Katholik.

Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri dua orang uskup Amerika yang dituduh membiarkan pelecehan seksual oleh seorang pastor.

Uskup Agung John Nienstedt dan Uskup Lee Piche mengundurkan diri dua minggu setelah jaksa menuduh para pejabat gereja di wilayah keuskupan kota Minneapolis dan St. Paul membiarkan pelecehan terhadap anak oleh seorang pastor. Pastor itu, Curtis Wehmeyer, telah dinyatakan bersalah melecehkan secara seksual dua anak laki-laki dan kini menjalani hukuman lima tahun penjara.

Pada saat yang sama, Vatikan juga telah mendakwa mantan duta besarnya untuk Republik Dominika atas tuduhan kejahatan seks.

Jozef Wesolowski dituduh membayar uang untuk berhubungan seks dengan sejumlah anak di negara itu dan menyimpan barang-barang pornografi anak.

Belum lama ini, Paus Fransiskus membentuk pengadilan di Vatikan yang secara khusus mengadili kasus-kasus pelecehan terhadap anak oleh pejabat gereja. Wesolowski adalah pejabat tertinggi di Gereja Katolik yang pernah diadili atas dugaan kejahatan seks.

XS
SM
MD
LG