Tautan-tautan Akses

Paus Perintahkan Selidiki Skandal di Gereja Irlandia


Vatikan memerintahkan penyelidikan resmi atas pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pastor-pastor Irlandia.

Vatikan mengatakan Paus Benediktus telah memerintahkan penyelidikan resmi atas pernyataan meluas tentang pelecehan seksual pada anak-anak, yang menurut tuduhan, dilakukan oleh pastor-pastor Irlandia.

Sri Paus awal tahun ini menjanjikan penyelidikan tersebut dalam sepucuk surat terbuka kepada Irlandia. Surat itu disampaikan sebagai tanggapan atas sebuah laporan pemerintah Irlandia, yang mengemukakan pelecehan seksual puluhan tahun oleh pastor di berbagai institusi Irlandia, dan kegagalan para pemuka gereja Irlandia untuk mengambil tindakan atas pengaduan dari para korban.

Sebuah pernyataan Vatikan pada hari Senin mengatakan penyelidikan akan dimulai bulan Agustus terhadap empat keuskupan agung, termasuk Dublin, dan kemudian akan diperluas ke seminari-seminari dan rumah-rumah ibadah lain.

Irlandia telah diguncang dalam setahun ini oleh sebuah penyelidikan pemerintah yang menunjukkan, pastor-pastor Irlandia meneror ribuan anak secara seksual, fisik dan emosi pada sebagian besar abad ke-20. Penyelidikan kedua menemukan gereja secara rutin menutup-nutupi tuduhan-tuduhan pelecehan tersebut.

XS
SM
MD
LG