Tautan-tautan Akses

Paus, Pemimpin Lebanon Serukan Perdamaian Antar Agama


Warga Katolik Lebanon melambaikan bendera Lebanon dan Vatikan saat mobil Paus Benediktus melewati jalan di Beirut (15/9).

Warga Katolik Lebanon melambaikan bendera Lebanon dan Vatikan saat mobil Paus Benediktus melewati jalan di Beirut (15/9).

Paus Benediktus menyerukan agar Lebanon menjadi panutan untuk perdamaian dan kebebasan beragama di kawasan Timur Tengah.

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu berbemu dengan pejabat-pejabat Lebanon dan pemimpin-pemimpin agama Sabtu di istana kepresidenan di Beirut, dimana ia disambut oleh kerumunan orang yang bersorak sorai.

Paus mengatakan warga Kristen dan Muslim di Lebanon telah berbagi ruang bersama selama berabad-abad dan sebuah keluarga acapkali terdiri dari anggota dari kedua agama. Ia bertanya, “Seandainya ini mungkin dalam sebuah keluarga tunggal, mengapa hal ini tidak dimungkinkan pada tingkatan keseluruhan masyarakat?”

Salah satu pemimpin Lebanon dalam pertemuan itu, Sheikh Mohamad Rahid Qabbani, memberi Paus Benediktur sebuah surat yang berisi pesan bahwa ia menganggap setiap serangan terhadap Kristen juga merupakan serangan terhadap semua warga Muslim.

Ketika berpidato dihadapan warga muda Sabtu sore, Paus juga mengungkapkan simpati dengan remaja di Suriah. Paus mengatakan ia mengagumi keberanian mereka, dan ditambahkannya, ini merupakan saatnya bagi warga Kristen dan Muslim untuk bersatu sehingga kita bisa mengakhiri kekerasan dan perang.
XS
SM
MD
LG