Tautan-tautan Akses

Paus Langsungkan Misa bagi Jutaan Warga Filipina


Paus Fransiskus berdoa dalam misa di Taman Rizal, di Manila, Filipina, 18 Januari 2015.

Paus Fransiskus berdoa dalam misa di Taman Rizal, di Manila, Filipina, 18 Januari 2015.

Paus Fransiskus melangsungkan misa bagi juta warga Filipina yang berkumpul di tengah hujan di Taman Rizal dan sekitarnya di Manila, Minggu (18/1), hari terakhir lawatan empat harinya ke Filipina.

Panitia penyelenggara tadinya memperkirakan, hingga enam juta orang akan menghadiri misa itu, melebihi rekor lima juta orang yang dibuat Paus Yohanes Paulus Kedua di taman yang sama pada tahun 1995. Para pejabat kota memperkirakan, kerumunan itu berjumlah sekitar empat hingga enam juta orang.

Dalam kotbahnya, Paus Fransiskus menolak struktur sosial yang mempertahankan kemiskinan, ketidakperdulian dan korupsi, tema yang ia tegaskan ketika berbicara kepada Presiden Benigno Aquino dan para pejabat lainnya Jumat lalu.

Paus yang berusia 78 tahun itu terpaksa mempersingkat kunjungannya Tacoblan, hari Sabtu (17/1), untuk menghindari badai tropis yang datang mendekat. Di Tacoblan, ia berusaha menghibur para korban selamat bencana super topan Haiyan pada Novenber 2013 yang mengakibatkan 7.350 orang tewas atau dinyatakan hilang.

XS
SM
MD
LG