Tautan-tautan Akses

Paus Imbau Pemimpin Meksiko Tegakkan 'Keadilan Sejati’


Paus Fransiskus melambaikan tangannya kepada orang-orang dari 'popemobile' di Lapangan Zocalo di Mexico City, 13 Februari 2016.

Paus Fransiskus melambaikan tangannya kepada orang-orang dari 'popemobile' di Lapangan Zocalo di Mexico City, 13 Februari 2016.

Paus Fransiskus mengawali kunjungan yang telah lama dinanti ke Meksiko pada hari Sabtu (13/2), mengimbau para pemimpin Meksiko menegakkan "keadilan sejati" dan keamanan di negara yang bertahun-tahun dilanda kekerasan narkoba endemik, korupsi dan kemiskinan.

Paus Fransiskus mengatakan kepada Presiden Enrique Pena Nieto dan sejumlah anggota parlemen di Mexico City bahwa mereka bertanggung jawab untuk membantu rakyat memperoleh "bahan-bahan pokok yang sangat diperlukan dan kebutuhan rohani," termasuk perumahan, pekerjaan dan lingkungan yang damai.

Di negara di mana perdagangan narkoba telah merongrong korupsi di seluruh jajaran kepolisian dan kekerasan narkoba telah menewaskan lebih dari 100 ribu jiwa dalam beberapa tahun belakangan, Paus Fransiskus mengatakan menentang pemberian hak-hak istimewa kepada kalangan atas dengan mengorbankan seluruh masyarakat.

"Pengalaman mengajarkan bahwa setiap kali kita mengharapkan hak istimewa atau mencari keuntungan bagi segelintir orang dengan merugikan masyarakat, maka cepat atau lambat kehidupan masyarakat akan dipenuhi dengan korupsi, perdagangan narkoba, penolakan terhadap budaya yang berbeda, kekerasan, dan juga perdagangan manusia, penculikan serta kematian," ujar Paus Fransiskus.

Ribuan umat Katolik yang berkumpul di luar Istana Nasional bersorak-sorai ketika Paus berpidato.

Dalam pidato terpisah dihadapan uskup Meksiko, Paus Fransiskup menghimbau para pemuka agama untuk bersikap lebih tegas terhadap perdagangan narkoba dan korupsi. Ia menantang para pemimpin gereja untuk mengecam apa yang disebutnya "ancaman berbahaya" yang diakibatkan oleh perdagangan narkoba. [zb]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG