Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Tweet Peringatan Satu Tahun Masa Jabatan


Pope Vatican tweets on his first anniversary

Pope Vatican tweets on his first anniversary

Paus Fransiskus menandai peringatan satu tahun pemilihannya sebagai pemimpin Katolik Roma lewat sebuah tweet dari retretnya. "Pray for me," atau "Berdoa untuk saya."

Kicauan Paus Fransiskus tampil di akun twitter berbahasa Inggrisnya @pontifex. Pencinta literatur Latin mengenali tweet itu diambil dari kata "Orate pro me".

Paus tuliskan tweet dalam sembilan bahasa termasuk bahasa Latin dan arab, dan ia mempunyai 12 juta follower.

Berbagai penghormatan dan tulisan tentang Paus Fransiskus mengalir, tapi ia tidak mendengar atau melihat satupun penghormatan dan tulisan tersebut.

Paus dan para asistennya menghabiskan satu minggu dalam retret spiritual di gedung sebuah institusi keagamaan yang cukup sederhana di kota Ariccia, di Alban Hills sekitar 24 km dari tembok Vatikan.

"Hari ini Paus tidak melakukan hal yang khusus atau yang berbeda dari hari biasanya. Ia berdoa," juru bicara Vatikan Rev. Federico Lombardi menyampaikan pada wartawan tentang pemilihan mantan Kardinal Buenos Aires Jorge Mario Bergoglio.

Paus Fransiskus, 77, pergi ke lokasi retret dalam suasana seperti perjalanan sekolah. Vatikan mengatakan rombongan retret akan kembali hari Jumat.

Ini pertama kalinya dalam ingatan Paus mengadakan retret di luar Vatikan dan ini adalah contoh terbaru dari Paus Fransiskus yang mencoba menyuntikkan lebih banyak kesederhanaan pada Vatikan.

Ia telah menyerahkan apartemen kepausan yang luas untuk sebuah suite di pesanggrahan dan menggunakan Ford Focus, bukan limusin kepausan. Keahliannya mengeluarkan komen spontan telah melahirkan daftar-daftar kutipan terbaiknya selama setahun terakhir ini.

Fransiskus, paus yesuit pertama, melanjutkan tradisi ordo religius untuk mengadakan retret jauh dari tempat kerja untuk agar terlepas dari keterikatan dan memungkinkan untuk merenung.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG