Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Tiba di AS Selasa Sore


Paus Fransiskus (kedua dari kanan) memimpin misa di kota Holguin, Kuba, Senin (21/9).

Paus Fransiskus (kedua dari kanan) memimpin misa di kota Holguin, Kuba, Senin (21/9).

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Amerika Serikat, tiba hari Selasa (22/9) ini setelah merayakan Misa ketiga dan terakhir di negara komunis Kuba.

Sri Paus merayakan Misa di Gereja Perawan Cinta Kasih di El Cobre, yang dikunjunginya setelah tiba di Santiago Senin (21/9) malam. Perawan Cinta Kasih atau Bunda Maria dijadikan santa pelindung Kuba.

Sri Paus tiba di Santiago setelah merayakan Misa sebelumnya, Senin, di kota Holguin, Kuba timur, di mana ia mengatakan kepada puluhan ribu umat agar mengindahkan undangan Yesus untuk mengatasi penolakan atas perubahan.

Holguin, kota terbesar ketiga di Kuba, telah menjadi tempat lahirnya agama Katolik di pulau itu dan dikenal karena sebuah salib raksasa yang menghadap kota itu selama berabad-abad. Holquin juga merupakan kota asal pemimpin komunis Fidel dan Raul Castro yang telah memerintah Kuba sejak 1959. Paus Fransiskus bertemu dengan kedua kakak-beradik itu di Havana pada awal kunjungannya di Kuba.

Beberapa pembangkang terkemuka telah mengritik Paus karena tidak menerima permintaan mereka untuk bertemu dengannya dalam kunjungannya ke Kuba.

Komisi pembangkang untuk Hak Asasi Manusia dan Rekonsiliasi Nasional memperkirakan 50 pembangkang ditahan dan dicegah menghadiri acara-acara kepausan, dan sebagian besar dibebaskan dalam beberapa jam.

Presiden Amerika Barack Obama dan Ibu Negara Michelle, bersama dengan Wakil Presiden Joe Biden dan istrinya Jill, akan menyambut Paus Fransiskus di Pangkalan Militer Andrews di luar kota Washington Selasa sore.

Paus Fransiskus dan para pejabat Vatikan adalah tokoh-tokoh di balik pembicaraan rahasia berbulan-bulan antara Havana dan Washington tahun 2014. Pembicaraan itu mencapai puncaknya dengan pengumuman tahun lalu oleh Raul Castro dan Obama untuk menjalin kembali hubungan diplomatik untuk pertama kalinya dalam 53 tahun. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG