Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus, Patriark Kirill Bertemu Pekan Depan


Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia (kanan) dan Paus Fransiskus (kiri)

Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia (kanan) dan Paus Fransiskus (kiri)

Paus Fransiskus, kepala Gereja Katolik Roma, minggu depan bertemu dengan Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia. Ini merupakan pertemuan pertama dalam sejarah antara pemimpin kedua gereja itu.

Vatikan membuat pengumuman itu hari Jumat (5/2). Dikatakan Sri Paus akan bertemu dengan Patriark Kirill di Kuba pada 12 Februari. Paus kelahiran Argentina itu akan melakukan perjalanan ke beberapa negara di benua Amerika untuk perjalanan yang semula direncanakan ke Meksiko.

Paus Katolik Roma sebelumnya telah bertemu dengan kepala gereja Ortodoks Timur seluruh dunia yang berbasis di Istanbul, tapi ini adalah pertama kali seorang paus bertemu dengan kepala Gereja Ortodoks Rusia, yang paling berpengaruh di antara gereja-gereja Ortodoks. Gereja Ortodoks Rusia memiliki 165 juta dari 250 juta penganut Kristen Ortodoks di dunia.

Kedua pria itu dijadwalkan mengadakan pembicaraan sekitar dua jam di bandara Havana, pada pertemuan puncak yang diatur Presiden Kuba Raul Castro.

Vatikan mengatakan pertemuan itu akan berlangsung "setelah persiapan panjang" dan akan menandai "tahap penting dalam hubungan antara kedua gereja." Vatikan menyebut pertemuan itu "pertanda harapan bagi semua orang yang berkehendak baik." [as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG