Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus dan Mantan Paus Berdoa Bersama


Paus Fransiskus berkunjung ke kediaman mantan Paus Benediktus XVI di Kastil Gandolfo hari Sabtu (23/3).
Paus Fransiskus berkunjung ke kediaman mantan Paus Benediktus XVI di Kastil Gandolfo hari Sabtu (23/3).

Paus Fransiskus terbang dengan helikopter ke kediaman musim panas paus di Kastil Gandolfo, tempat Benediktus tinggal sejak mundur akhir bulan lalu.

Paus baru Fransiskus bertemu pendahulunya, Paus emeritus Benediktus hari Sabtu, menandai pertama kalinya seorang paus yang sedang menjabat dan mantan paus bertemu dalam setidaknya 600 tahun.

Paus Fransiskus terbang dengan helikopter ke kediaman musim panas paus di Kastil Gandolfo, tempat Benediktus tinggal sejak mengundurkan diri akhir bulan lalu. Gambar video yang dirilis Vatikan menunjukkan kedua laki-laki itu saling rangkul tidak lama setelah helikopter mendarat.

Di kediaman itu, mereka mengadakan pembicaraan empat mata, makan siang, dan berdoa bersama. Ketika memasuki kapel, Benediktus mengarahkan Paus Fransiskus ke tempat berlutut yang diperuntukkan bagi paus di depan altar, tetapi Fransiskus menolak, mengatakan kepada Benediktus, "Kita adalah saudara," dan berkeras mereka berdoa berdampingan.

Paus Fransiskus terpilih untuk menggantikan Benediktus pekan lalu setelah Paus berusia 85 tahun itu mengundurkan diri, dengan alasan usia dan kesehatan. Terpilihnya Fransiskus, paus kelahiran Argentina, membuat sejarah, karena ia orang pertama yang bukan dari Eropa yang memimpin Gereja Katolik Roma dalam lebih dari 1200 tahun. Ia juga paus pertama dari Amerika Latin.

Sementara itu, Paus Benediktus, kelahiran Jerman, mengatakan ia akan menjalani sisa hidup "tersembunyi dari dunia." Ia akan segera kembali ke Vatikan ke biara di mana ia diperkirakan akan menghabiskan sisa hidupnya.
XS
SM
MD
LG