Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Akhiri Lawatan di Ekuador


Paus Fransiskus berbicara di depan anggota masyarakat madani di Gereja San Francisco di Quito, Ekuador, 7 Juli 2015.

Paus Fransiskus berbicara di depan anggota masyarakat madani di Gereja San Francisco di Quito, Ekuador, 7 Juli 2015.

Paus Fransiskus meneruskan lawatannya di Amerika Selatan dengan mengunjungi Bolivia, hari Rabu (8/7), setelah mendesak umat agar mengulurkan tangan kepada kaum miskin dan melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang, sewaktu menyampaikan dua pidato di Ekuador.

Paus menyampaikan kepada sekelompok pengusaha dan suku-suku asli di ibukota Quito, bahwa "Bumi yang subur ini diciptakan untuk semua orang, dan betapapun kayanya seseorang, ia mempunyai tanggungjawab sosial."

Pernyataannya mengenai lingkungan itu adalah yang pertama, sejak ia merilis surat edaran bulan lalu yangmenyerukan agar para pemimpin dunia segera bertindak untuk menghentikan perubahan iklim, termasuk mengakhiri ketergantungan bumi pada bahan bakar fosil.

Paus Fransiskus telah menghadapi kecaman sengit di kalangan orang-orang yang skeptis atas pendiriannya tentang perubahan iklim tersebut, terutama di AS.

Ia berencana mengunjungi AS bulan September nanti. Golongan konservatif telah mengecamnya tidak memahami masalah ini, dan memintanya untuk meninggalkan isu tersebut.

XS
SM
MD
LG