Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Akhiri Kunjungan ke Turki


Patriark Ekumenis Bartolomeus, pemimpin spiritual 300 juta umat Kristen Ortodoks di seluruh dunia mencium kepala Paus Fransiskus.

Patriark Ekumenis Bartolomeus, pemimpin spiritual 300 juta umat Kristen Ortodoks di seluruh dunia mencium kepala Paus Fransiskus.

Paus Francis menyelesaikan kunjungan tiga hari ke Turki dengan menghadiri ibadah yang dipimpin oleh Patriark Ekumenis Bartolomeus, pemimpin spiritual 300 juta umat Kristen Ortodoks di seluruh dunia.

Lagu puji-pujian bergema di Gereja Patriarkal St George Minggu di Istambul.

Pada hari Sabtu (29/11), kedua pemimpin spiritual itu menghadiri kebaktian ekumenis di Istanbul, di mana Paus membungkuk dihadapan Patriark Bartolomeus dan meminta berkatnya. Patriark Bartolomeus melayani dengan mencium kepala paus. Setelah kebaktian, dua pria itu mengadakan pembicaraan pribadi.

Juga pada hari Sabtu, Paus Fransiskus mengunjungi masjid abad ke-17 Sultan Ahmed atau Masjid Biru, dimana dia melipat tangan dan menundukkan kepalanya ketika berdiri disamping Imam Istanbul Rahmi Yaran, yang memimpin sholat.

Setelah sholat itu, Sri Paus mengunjungi Aya Sofya, gereja utama zaman kekaisaran Romawi Timur di Konstantinopel atau yang sekarang menjadi Istanbul, sebelum diubah menjadi masjid menyusul kekuasaan Islam di kota itu tahun 1453. Aya Sofya kini menjadi musium. Sri Paus juga melangsungkan misa di gereja katedral Holy Spirit.

Fransiskus adalah paus ke-empat yang mengunjungi Turki setelah Paulus VI, Yohanes Paulus II dan Benediktus XVI.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG