Tautan-tautan Akses

Paus Desak Pemimpin Hormati Martabat Para Tahanan


Paus Fransiskus (kiri) mengadakan misa khusus bagi para tahanan di Vatikan, hari Minggu (6/11).

Paus Fransiskus (kiri) mengadakan misa khusus bagi para tahanan di Vatikan, hari Minggu (6/11).

Paus Fransiskus mendesak para pemimpin politik di seluruh dunia untuk menghormati martabat para tahanan dan sedapat mungkin memberi pengampunan.

Paus Fransiskus mengadakan misa peringatan khusus hari Minggu (6/11) bagi sekitar 1.000 tahanan dari 12 negara dan keluarga mereka serta bagi pendeta dan relawan di Basilika Santo Petrus.

“Kadangkala sikap hipokrit tertentu menyebabkan orang mengangap kita sebagai pelaku kesalahan di mana penjara adalah satu-satunya pemyelesaian,” kata paus Fransiskus.

Paus Fransiskus menghimbau “penciptaan sistem peradilan kejahatan yang tidak selalu menghukum tapi terbuka untuk memberi harapan dan kemungkinan pembauran pelaku pelanggaran hukum ketika kembali ke masyarakat.

Paus Fransiskus mengatakan kepada para tahanan bahwa orang “membuat kesalahan” dan menghimbau mereka untuk tidak putus harapan pada kasih Tuhan.

Acara itu merupakan bagian dari Tahun Pengampunan Suci Vatikan yang diperingati akhir bulan ini dan disusul pemberkatan Minggu Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus di mana puluhan ribu umat berkumpul meskipun diguyur hujan pada pagi hari. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG