Tautan-tautan Akses

Paus Berkunjung ke Republik Afrika Tengah


Paus Fransiskus tiba di Bangui, Republik Afrika Tengah, bagian dari rangkaian lawatannya ke tiga negara Afrika, 29 November 2015.

Paus Fransiskus tiba di Bangui, Republik Afrika Tengah, bagian dari rangkaian lawatannya ke tiga negara Afrika, 29 November 2015.

Paus Fransiskus berangkat hari Minggu (29/11) ke Republik Afrika Tengah, di mana orang mengutarakan harapan kunjungannya akan merupakan titik peralihan bagi negara tersebut yang sudah bertahun-tahun dilanda konflik antara militan Muslim dan Kristen.

Sebelum kedatangannya, Presiden Catherine Samba-Panza mengatakan hari Sabtu orang memandang Paus Fransiskus sebagai pembawa pesan perdamaian.

“Banyak warga Afrika Tengah berharap bahwa pesan yang akan disampaikannya akan mengilhami mobilisasi nasional dan kesadaran bahwa warga Afrika Tengah saling menerima satu sama lain lagi, belajar hidup bersama-sama lagi dan belajar maju menuju perdamaian dan pembangunan kembali negara mereka,” katanya.

Republik Afrika Tengah telah menderita hampir tiga tahun kekerasan sejak kelompok pemberontak yang sebagian besar Muslim, Seleka, menggulingkan Presiden Francois Bozize bulan Maret tahun 2013. Pembunuhan oleh Seleka menimbulkan kebangkitan milisi yang sebagian besar Kristen yang bernama anti-Balaka. [gp]

XS
SM
MD
LG