Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus XVI Lantik 24 Kardinal Baru


Paus Benediktus XVI saat melantik Kardinal Laurent Monsengwo Pasinya dari Republik Demokratik Kongo (DRC) di Vatikan hari ini.

Paus Benediktus XVI saat melantik Kardinal Laurent Monsengwo Pasinya dari Republik Demokratik Kongo (DRC) di Vatikan hari ini.

Kardinal-kardinal yang diangkat Paus itu dilantik hari Sabtu dalam sebuah acara yang meriah di Basilika Santu Petrus di Roma.

Gereja Katolik Roma menambah 24 kardinal baru pada Dewan Kardinal. Kardinal-kardinal yang diangkat Paus itu dilantik hari Sabtu dalam sebuah acara yang meriah di Basilika Santu Petrus di Roma.

Sepuluh dari kardinal itu dari Italia. Selebihnya mewakili tujuh negara, termasuk Amerika.

Kardinal adalah pejabat senior dalam Gereja Katolik. Tugas utama mereka adalah memberi nasihat kepada Paus dan memilih penggantinya.

Hari Jumat, Paus bertemu dengan kardinal-kardinal baru itu untuk membahas sejumlah isyu menyangkut Gereja, termasuk skandal pelecehan seksual yang melibatkan pastor.

Vatikan mengatakan pedoman baru sedang disiapkan bagi para uskup akan memberitahu mereka mengambil tanggungjawab lebih besar dalam melindungi anak-anak.

Gereja Katolik dalam beberapa tahun belakangan ini diguncang tuduhan di beberapa negara bahwa pastor-pastor terlibat pelecehan seksual terhadap anak-anak di paroki-paroki mereka.

XS
SM
MD
LG