Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus Kunjungi Malta


Tujuan kunjungan Paus ke Malta adalah memperingati karamnya kapal yang ditumpangi Santu Petrus 1950 tahun lalu.

Paus Benediktus tiba di Malta hari Sabtu ini dalam kunjungan keluar negerinya yang pertama sejak maraknya skandal pelecehan seksual yang dilakukan rohaniwan Katolik.

Tujuan kunjungan Paus ke Malta adalah memperingati karamnya kapal yang ditumpangi Santu Petrus 1950 tahun lalu. Santu Petrus dipandang sebagai misionaris besar pada awal perkembangan agama Kristen.

Berkotbah di depan ribuan umat di Valleta, ibukota Malta, Paus Benediktus mendorong rohaniwan Katolik untuk mempertahankan panggilan mereka yang penuh tantangan dan kepahlawanan itu.

Dia mengatakan, Malta telah memberikan sumbangsih besar dalam membela agama Kristen dan terus memainkan peran berharga seperti itu dalam debat-debat yang kini berlangsung tentang identitas, kebudayaan dan kebijakan Eropa. Dia juga menyinggung tentang perceraian dan aborsi. Kedua ihwal itu dilarang di Malta.

Paus Benediktus kepada wartawan dalam penerbangan ke Malta mengatakan, Gereja Katolik telah dilukai dosa. Tetapi dia tidak menyebut skandal seks secara langsung.

XS
SM
MD
LG