Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus Angkat 22 Kardinal Baru Gereja Katolik


Paus Benediktus (kiri) mengangkat 22 Kardinal baru dalam upacara hari Sabtu di Basilica Santo Petrus, Vatikan (18/2).

Paus Benediktus (kiri) mengangkat 22 Kardinal baru dalam upacara hari Sabtu di Basilica Santo Petrus, Vatikan (18/2).

Paus Benediktus yang kian lemah meninggalkan jejaknya dalam Gereja Katolik dengan mengangkat 22 Kardinal baru dalam upacara hari Sabtu di Vatikan.

Petugas mendorong Paus Benediktus yang berusia 84 tahun itu ke Basilica Santo Petrus dengan podium khusus untuk upacara yang disebut konsistori.

Paus kemudian berlutut dalam doa sebelum menanggapi hadirin, mengatakan kepada mereka "kardinal dipercayakan dengan pelayanan kasih: kasih kepada Allah, cinta kepada Gereja-Nya, kasih yang mutlak dan tanpa syarat untuk saudara-saudaranya, bahkan sampai menumpahkan darah, jika perlu."

Dia kemudian memberi setiap kardinal baru sebuah cincin dan memakaikan biretta - topi merah khusus untuk kardinal - pada masing-masing kepala mereka.

Ke- 22 kardinal baru itu datang dari Amerika Serikat, Hong Kong, Italia, Portugal, Spanyol, Brasil, India, Kanada, Republik Ceko, Belanda, Rumania, Belgia, dan Malta.

Kardinal yang kadang-kadang disebut pangeran gereja, bertanggung jawab untuk memilih paus berikutnya dari kalangan mereka sendiri.

Salah seorang yang paling menonjol dari para kardinal yang baru dilantik itu adalah Uskup Agung New York Timotius Dolan. Beberapa pengamat Vatikan menggembar-gemborkan dirinya sebagai kandidat untuk menjadi Paus kelahiran Amerika pertama.

XS
SM
MD
LG