Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus akan Sampaikan Pidato Perpisahan 27 Februari


Paus benediktus XVI akan menyampaikan ucapan perpisahan untuk publik, tanggal 27 Februari 2012 di lapangan Santo Petrus, Vatikan (Foto: dok).

Paus benediktus XVI akan menyampaikan ucapan perpisahan untuk publik, tanggal 27 Februari 2012 di lapangan Santo Petrus, Vatikan (Foto: dok).

Vatikan untuk pertama kalinya mengakui kepada umum bahwa paus yang berusia 85 tahun itu menggunakan alat pemacu jantung, Selasa (12/2).

Seorang jurubicara Vatikan mengatakan Paus Benediktus akan menyampaikan ucapan perpisahan di hadapan publik kepada para penganut Katolik Roma tanggal 27 Februari, satu hari sebelum pengunduran dirinya secara resmi.

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan kepada wartawan, Selasa, Paus akan mengadakan pertemuan terakhir tanggal 27 Februari di lapangan Santo Petrus. Vatikan memperkirakan paus baru akan dipilih sebelum Paskah atau 31 Maret.

Paus Benediktus mengejutkan dunia dengan pengumuman pengunduran diri yang mengejutkan, Senin. Para pemimpin gereja itu akan memilih paus baru dalam sebuah konklaf kardinal setelah paus secara resmi mundur.

Sri Paus, seorang warga Jerman yang sebelumnya dikenal sebagai Kardinal Joseph Ratzinger, mengatakan kepada sekelompok kardinal ia akan meletakkan jabatan disebabkan usianya yang tua membuatnya sulit melaksanakan tugas-tugasnya.

Hari Selasa, Vatikan untuk pertama kalinya mengakui kepada umum bahwa paus yang berusia 85 tahun itu menggunakan alat pemacu jantung. Lombardi mengatakan alat itu sudah sekian lama dipasang dan bahwa baterainya telah diganti tiga bulan lalu.

Paus Benediktus akan menjadi Paus yang pertama meletakkan jabatan sejak tahun 1415, ketika Paus Gregory meletakkan jabatan untuk menyelesaikan klaim yang bertentangan mengenai kepemimpinan gereja yang sekarang melayani kira-kira 1,2 milyar pengikut di seluruh dunia itu.
XS
SM
MD
LG