Tautan-tautan Akses

AS

Paul Ryan Nyatakan Bersedia Jadi Ketua DPR AS


Anggota Kongres dari Partai Republik, Paul Ryan, di Capitol Hill di Washington, Rabu (21/10). (AP/Evan Vucci)

Anggota Kongres dari Partai Republik, Paul Ryan, di Capitol Hill di Washington, Rabu (21/10). (AP/Evan Vucci)

Anggota Kongres itu maju dengan enggan untuk jabatan itu kemungkinan karena ia harus melepaskan jabatannya yang bergengsi itu sebagai ketua komisi alokasi anggaran.

Anggota Kongres Amerika Paul Ryan mengatakan ia bersedia sepenuhnya untuk menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat setelah memperoleh dukungan dari golongan utama dan golongan konservatif fraksi Republik.

Ryan mengirim sepucuk surat kepada rekan-rekannya Kamis malam (22/10) yang menggambarkan dirinya “siap dan ingin sekali” untuk menjadi ketua DPR.

Anggota Kongres dari Wisconsin itu maju setengah hati untuk jabatan tersebut dan mengatakan akan mengambilnya hanya jika ia memperoleh dukungan dari mayoritas 80 persen rekannya dari fraksi Republik dalam DPR.

Salah satu hal yang menyebabkan keengganan Ryan untuk menjadi ketua kemungkinan adalah karena ia harus melepaskan jabatannya yang bergengsi itu sebagai ketua komisi alokasi anggaran.

Dalam 24 jam terakhir, Ryan memperoleh dukungan tiga golongan kunci fraksi Republik, lolos dari hambatan paling berat Rabu malam ketika Kaukus Kebebasan yang ultra konservatif, terdiri dari 40 anggota Kongres yang sering memberontak, setuju mendukungnya bersama mayoritas besar yang diperkirakan akan mencapai 80 persen.

Hari Kamis, Ryan memperoleh dukungan Republican Study Committee dan yang lebih moderat Tuesday Group.

Ketua DPR yang sekarang John Boehner, yang akan mengundurkan diri tanggal 30 Oktober karena mendapat tentangan kuat dari glongan konservatif, telah menetapkan pemungutan suara pencalonan hari Rabu dan pemungutan suara paripurna DPR keesokan harinya. [gp]

XS
SM
MD
LG