Tautan-tautan Akses

AS

Penulis Amerika untuk Pertama Kalinya Raih Man Booker Prize


Penulis Amerika Paul Beatty berpose di London setelah mendapatkan penghargaan Man Booker Prize 2016 untuk karya fiksi atas bukunya "The Sellout" di London (25/10). (AP/Alastair Grant)

Penulis Amerika Paul Beatty berpose di London setelah mendapatkan penghargaan Man Booker Prize 2016 untuk karya fiksi atas bukunya "The Sellout" di London (25/10). (AP/Alastair Grant)

Buku 'The Sellout' karya Paul Beatty menampilkan hubungan antarras dalam masyarakat kontemporer Amerika, dengan gaya menulis yang cerdas tanpa tedeng aling-aling.

Paul Beatty telah menjadi penulis Amerika pertama yang memenangkan penghargaan prestisius Man Booker Prize.

Bukunya, ​The Sellout, sebuah satir mengenai hubungan antarras di AS, meraih hadiah US$61.000, yang sebelumnya hanya terbuka untuk penulis dari Inggris, Irlandia dan negara-negara persemakmuran lainnya.

Ahli sejarah Amanda Foreman, yang memimpin panel juri, mengatakan buku itu "terjun ke pusat masyarakat kontemporer Amerika, dengan kecerdasan yang buas -- sesuatu yang tidak pernah saya lihat sejak Jonathan Swift atau Mark Twain."

​The Sellout menampilkan daerah pinggiran Los Angeles yang kumuh yaitu Dickens, dengan naratornya Bonbon, pria kulit hitam yang sedang disidang di Mahkamah Agung AS karena ingin memberlakukan lagi perbudakan dan segregasi rasial.

Beatty mengakui pembaca mungkin kesulitan mencerna buku itu, tapi Foreman mengatakan hal itu bukan sesuatu yang buruk.

"Fiksi seharusnya tidak membuat nyaman," ujar Foreman. "Kebenaran jarang sekali indah dan ini buku yang memaku pembaca ke salib dengan riang dan santai... Itu sebabnya novel ini berhasil."

Dibentuk tahun 1969, Booker memperluas penilaian untuk menyertakan semua penulis berbahasa Inggris. Ada kekhawatiran dalam dunia sastra Inggris bahwa perubahan ini akan membawa dominasi Amerika ke dalam penghargaan tersebut, dengan pemenang-pemenang sebelumnya termasuk Salman Rushdie, Ben Okri, Margaret Atwood dan Hilary Mantel. Namun pemenang-pemenang tahun 2014 dan 2015 adalah Richard Flanagan dari Australia dan Marlon James dari Jamaika. [hd]

XS
SM
MD
LG