Tautan-tautan Akses

Raih Oscar, Patricia Arquette Serukan Persamaan Hak untuk Perempuan


Aktris Patricia Arquette menerima piala Oscar untuk aktris pembantu terbaik dalam film "Boyhood" (22/2). (AP/Invision/John Shearer)

Aktris Patricia Arquette menerima piala Oscar untuk aktris pembantu terbaik dalam film "Boyhood" (22/2). (AP/Invision/John Shearer)

Patricia Arquette menyerukan pendapatan yang sama untuk setiap warga negara di Amerika Serikat.

Menerima penghargaan Academy Award untuk aktris pembantu terbaik untuk perannya dalam "Boyhood", yang sudah diperkirakan secara luas sebelumnya, Patricia Arquette memberi sentuhan politik pada upacara yang biasa dibuat ringan itu.

"Untuk setiap perempuan yang melahirkan, untuk setiap pembayar pajak dan warga negara di negara ini," ujar Arquette, 46, dalam pidato penerimaan penghargaaan, Minggu (22/2).

"Kita telah berjuang untuk hak-hak persamaan untuk setiap orang. Kini saatnya bagi kita untuk mendapatkan persamaan pendapatan untuk semua orang. Dan hak-hak persamaan untuk perempuan di Amerika Serikat."

Pidatonya mendapat tepukan dan seruan bergemuruh di seluruh gedung Dolby Theater, dengan seruan yang paling kencang datang dari sesama nomine untuk kategori yang sama, Meryl Streep yang terus berseru "Yes! Yes! Yes!".

Pidato itu menambah kritikan terhadap industri film yang memiliki jurang perbedaan tinggi antara honor aktor dan aktris.

Piala Oscar tersebut adalah yang pertama untuk Arquette, yang bermain sebagai orangtua tunggal dalam drama independen yang dibuat selama 12 tahun tersebut.

Arquette datang dari keluarga aktor, termasuk kakak-kakaknya David dan Rosanna, dan telah tampil dalam lebih dari 40 film sejak akhir 1980an.​

XS
SM
MD
LG